Selasa, 20 September 2016

Cara membuat soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Membuat Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Tidak gampang membuat soal-soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills – HOTS). Padahal soal-soal semacam ini harus dikembangkan oleh guru dengan baik dan diterapkan di kelas yang diampunya. Saat ini, di Indonesia, siswa-siswa kita masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi ini. Salah satu penyebabnya karena guru belum biasa memberikan soal-soal semacam ini kepada mereka. Guru sendiripun harus memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk membuat soal-soal macam ini. Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba memberikan sebuah cetakan (template) untuk membuat beragam soal-soal yang menantang karena mengedepankan penggunaan keterampilan berpikir tingkat tinggi.



Sebagai catatan: soal yang bagaimanapun bentuknya atau bagaimanapun sulitnya akan turun tingkatannya ketika informasi tentang jawaban pertanyaan itu telah dipaparkan di kelas saat pembelajaran atau telah tersedia di buku teks. Soal yang meminta penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) itu selalu menggunakan hal-hal baru dan belum pernah “disentuh” secara langsung pada buku teks atau pembelajaran.

Mengingat (Ingatan/recall)

Contoh cetakan (template) soal:
  • Kapan terjadi .........?
  • Sebutkan .......!
  • Apa yang dimaksud dengan .......?
  • Apa pengertian dari .......?
  • Siapakah ....?

Analisis

Contoh cetakan (template) soal:
  • Bagaimanakah cara kerja .........?
  • Apa makna dari simbol .......?
  • Apa makna lambang .......?
  • Perhatikan tabel .............., buatlah analisis dari .......!
  • Perhatikan grafik .............., buatlah analisis dari .......!
  • Perhatikan gambar .............., buatlah analisis dari .......!
  • Perhatikan diagram .............., buatlah analisis dari .......!
  • Apa saja penyebab ............?
  • Temukan contoh-contoh ......... pada teks .........!
  • Klasifikasikan ............ berdasarkan ..........!
  • Kelompokkan ............ berdasarkan ...............!
  • Buatlah diagram untuk mengilustrasikan ...........dari cerita di atas!
  • Pola apa yang tampak dari ..........?
  • Buatlah sebuah outline mengenai .............!
  • Perhatikan ............, pilah-pilah dan jelaskan setiap komponen penyusunnya!
  • Berikan contoh ...............!
  • Informasi apa saja yang diperlukan untuk ............?
  • Berdasarkan .............., buatlah sebuah diagram!
  • Berdasarkan ................, buatlah sebuah grafik!
  • Teknik-teknik apa yang digunakan dalam ...............?
  • Ke dalam kategori-kategori apa saja, ........... dapat dikelompokkan?
  • Termasuk jenis apakah ........... ini?
  • Dari beberapa ............. di atas, yang manakah yang bukan termasuk kelompok ...........?
  • Apa fungsi dari ..........?
  • Apa tujuan dari ...........?
  • Apa hubungan antara ............ dengan ..............?
  • Ukurlah .............!
  • Informasi-informasi .............. manakah yang relevan?

Membandingkan

  • Contoh cetakan (template) soal:
  • Bandingkan antara ..................dengan...............!
  • Apa perbedan antara ...............dengan.................?
  • Apa persamaan antara ..............dengan ................?
  • Bandingkan ................ sebelum dan sesudah di ................!
  • Bandingkan karakter tokoh ..........di awal dengan di akhir cerita!
  • Pilah-pilah antara ................dengan .................!
  • Pada hal apa saja kamu dapat membuat perbandingan antara ............dengan .............?
  • Yang manakah dari ...............yang paling tinggi/tua/bagus/tepat/sesuai/cocok?

Menginferensi

Contoh cetakan (template) soal:
  • Buatlah sebuah hipotesis, apa yang akan terjadi bila .............!
  • Prediksikan apa yang akan terjadi pada .............!
  • Buatlah pemecahan masalah dari ...............!
  • Bagaimana sudut pandang penulis tentang ............?
  • Prediksilah bagaimana akhir dari cerita .........!
  • Apa gagasan utama cerita ..............?
  • Apa tema besar dari cerita ................?
  • Apa pesan moral dari cerita ............?
  • Kembangkan sebuah rencana untuk .............!
  • Apa kesimpulan yang dapat ditarik dari .......... ini?
  • Usulkan dan deskripsikan sebuah penemuan baru yang dapat menyelesaikan masalah .................!
  • Tulislah sebuah laporan peneletian tentang .............!
  • Berdasarkan bahan bacaan tersebut, apa yang dapat kamu simpulkan tentang ...........?
  • Buatlah sebuah ...........!
  • Desain sebuah ................!
  • Rancang sebuah ...........!

Mengevaluasi

Contoh cetakan (template) soal:
  • Apakah biaya yang digunakan untuk ................. sepadan dengan hasilnya?
  • Apakah usaha yang dilakukan untuk .................. sepadan dengan hasilnya?
  • Apakah ............ telah bertindak secara tepat?
  • Apa yang akan kamu lakukan dengan situasi ............. ini, mengapa?
  • Apakah penelitian ............ ini telah dirancang dengan baik? jelaskan!
  • Keputusan apakah yang sebaiknya diambil tentang masalah ...............ini? mengapa?
  • Apakah keputusan yang dipilih oleh ..............bijaksana menurutmu? Mengapa?
  • Jika kamu seorang hakim, apa putusanmu? Jelaskan!
  • Manakah yang terbaik dari ...........? mengapa?
  • Alasan apa yang paling tepat untuk ..............? mengapa?
  • Reviu langkah-langkah percobaan ............. yang telah dilakukan, bagaimana menurutmu tentang langkah-langkah itu?
  • Gunakan rubrik penilaian berikut untuk menilai ............!
  • Apa yang akan kamu lakukan pada situasi .............. semacam ini, mengapa?

Demikian contoh template atau cetakan untuk membuat soal-soal yang menguji keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills).

1 komentar: